Halo Balita: Paket Lengkap Dampingi Tumbuh Kembang Balita

  • Home
  • Buku
  • Halo Balita: Paket Lengkap Dampingi Tumbuh Kembang Balita

Artikel ini memberikan gambaran tentang tujuan dari cerita yang akan disampaikan pada buku Halo Balita. Pada bagian ini, juga disajikan tips-tips praktis untuk orangtua yang dapat diterapkan dalam melakukan pendampingan kepada anak sesuai dengan tema yang disampaikan untuk membantu tumbuh kembang balita. 

Halaman interaktif menyediakan bagian yang bisa dibuka-tutup. Mengajak anak berinteraksi dengan buku, serta membantu menguatkan kesan mereka terhadap cerita yang disampaikan. 

Contoh halaman dalam setiap halaman dirancang agar anak mudah menangkap informasi yang disampaikan. Cerita disampaikan dengan kalimat-kalimat pendek dan pemilihan kata yang sederhana. Gambar ditampilkan dalam bentuk dan warna yang nyaman untuk anak-anak. 

Halo Balita
Halo Balita

Dus kemasan bisa dipergunakan sebagai panggung boneka. Permainan boneka merupakan bagian dari proses penguatan kesan anak terhadap cerita yang disampaikan.

 

SELF HELP

Jilid-jilid yang dikelompokkan ke dalam kelompok Self Help ini, berisi cerita-cerita yang membantu anak untuk mempelajari keterampilan dasar, membentuk kebiasaan-kebiasaan, serta mendorong sikap mandiri.

  • AKU BISA MAKAN SENDIRI
    1. Anak bisa makan sendiri.
    2. Anak tahu tata cara makan.
    3. Anak mengenal alat-alat makan dan cara penggunaannya.
    4. Anak menghargai makanan.
    5. Anak tidak membenci suatu jenis makanan.
  • AKU BISA MANDI SENDIRI
    1. Anak menganggap mandi sebagai kegiatan yang menyenangkan.
    2.  Anak bisa mandi sendiri.
    3.  Anak tahu tata cara mandi.
    4.  Anak mengenal alat-alat mandi dan cara penggunaannya.
    5.  Anak mau menggosok gigi.
  • AKU BISA MEMAKAI BAJU SENDIRI
    1.  Anak mau memakai pakaian sendiri.
    2.  Anak mengenal tata cara mengenakan pakaian.
  • AKU BERANI TIDUR SENDIRI
    1.  Anak menganggap tidur sebagai kegiatan yang menyenangkan.
    2.  Anak mau tidur sendiri.
    3.  Anak tidak takut tidur di kamar yang gelap. Anak mau bangun pagi.
    4.  Anak mau merapikan tempat tidur.
  • AKU BISA MERAPIKAN MAINAN SENDIRI
    1.  Anak menghargai mainan yang mereka miliki.
    2.  Anak dapat merapikan mainan mereka.
  • AKU SUKA BUKU
    1.  Anak menyenangi buku.
    2.  Anak bisa menjaga buku agar tidak rusak.
  • AKU SELALU HATI-HATI
    1. Anak mengenal bendabenda yang membahayakan mereka. Anak bisa
    2. melindungi diri dari benda yang membahayakan mereka tanpa ditakut-takuti.
  • AKU BERANI KE DOKTER
    1. Anak tidak takut pergi ke dokter.
    2.  Anak berani minum obat.
  • AKU SENANG KELILING KOTA
    1.  Anak dapat mengenal berbagai alat atau rambu-rambu yang ditemukan di luar rumah.
    2.  Anak dapat menyikapi dengan tepat ketika menemui alat atau rambu-rambu lalu lintas.

VALUE

Jilid-jilid pada kelompok Value ini, berisi cerita-cerita yang mendorong anak untuk menginternalisasi nilai moral, seperti menghormati orangtua, menyayangi sesama, sikap sabar, dan sopan santun.

  • AKU SUKA MENABUNG
    1. Anak mulai membiasakan diri menabung.
    2. Anak tahu manfaat menabung.
  • AKU ANAK JUJUR
    1. Anak tidak berkata bohong.
    2. Anak belajar bertanggung jawab terhadap semua yang mereka lakukan.
  • AKU ANAK PEMBERANI
    1. Anak berani melakukan hal yang baik.
    2. Anak malu melakukan sesuatu yang tidak baik.
  • AKU BELAJAR MEMBUANG SAMPAH
    1. Anak menyadari pentingnya kebersihan. Anak mengetahui akibat buruk tidak menjaga kebersihan.
    2. Anak tahu cara membuang sampah.
  • AKU ANAK SABAR
    1. Anak tidak marah menghadapi kenyataan yang mengecewakannya.
  • AKU SAYANG BIBI
    1. Anak menghormati orang-orang yang secara sosial sering dianggap rendah.
  • AKU ANAK SANTUN
    1. Anak bersikap santun saat bersama temantemannya atau saat bersama orang lain. Anak tidak segan meminta maaf jika melakukan kesalahan. Anak tidak segan mengucapkan salam saat bertamu ke rumah orang lain.
  • AKU SAYANG KELUARGAKU
    1. Anak menyayangi adik, kakak, ibu, ayah, kakek, nenek, dan anggota keluarga lainnya.
    2. Anak mengenal silsilah keluarga mereka.
  • AKU SAYANG TEMAN
    1. Anak senang berbagi. Anak memahami apa manfaatnya berbagi. Anak mengetahui akibat tidak berbagi.
  • AKU SUKA BERTERIMA KASIH
    1. Anak berterima kasih ketika mendapatkan sesuatu.
    2. Anak menggunakan segala sesuatu dengan tepat.
  • AKU SAYANG KUMI
    1. Anak dapat menyayangi binatang.
    2. Anak dapat menyayangi tumbuhan.
    3. Anak mengetahui manfaat nyata dari menyayangi binatang dan tumbuhan.
    4. Anak mengetahui akibat nyata tidak menyayangi binatang dan tumbuhan.

 

SPIRITUAL 

Jilid-jilid yang dikelompokkan ke dalam kelompok Spiritual ini, berisi cerita-cerita yang membantu anak mengenal nilainilai dasar agama serta praktikpraktik ibadah.

  • AKU SAYANG ALLAH
    1. Anak merasa bahwa Allah adalah Pencipta dirinya serta alam semesta.
    2. Anak menyadari bahwa Allah ada dalam kehidupan sehari-hari.
  • AKU SAYANG RASULULLAH
    1. Anak merasa bahwa sosok Rasul adalah panutannya.
    2. Anak menerapkan sikap Rasul dalam kehidupan sehari-hari.
  • AKU BISA WUDHU DAN SHALAT
    1. Anak senang melakukan shalat dan wudhu.
    2. Anak tahu praktik dasar shalat dan wudhu.
  • AKU BELAJAR PUASA
    1. Anak mau belajar puasa.
    2. Anak senang melakukan puasa. Anak memahami arti sederhana dari puasa.
  • AKU CANTIK PAKAI JILBAB
    1. Anak merasa senang memakai jilbab.
    2. Anak mengetahui manfaat nyata memakai jilbab.

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *